Asosiasi UMKM Akui Pembangunan Infrastruktur Mudahkan Pola Distribusi

Ketua Umum Assosiasi Industri UMKM Indonesia Hermawati Setyorini mengatakan, pembangunan infrastruktur yang dibangun Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mampu memudahkan dan meningkatkan distribusi usaha rakyat.

Pasalnya, kata Hermawati, pembangunan infrastruktur merupakan aspek penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sejauh ini, kata Hermawati arah pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah sangat merata di hampir seluruh wilayah Indonesia, baik di barat, tengah maupun timur Indonesia.

“Pembangunan infrastruktur merupakan aspek penting dalam pertumbuhan ekonomi, karena dengan adanya infrastruktur yang baik berakibat baik pula terhadap pertumbuhan ekonomi,” kata Hermawati saat dihubungi, Minggu (23/10).

Hermawati juga menuturkan, salah satu pembangunan infrastruktur menjadi hal utama dalam proses distribusi hasil usaha rakyat dari satu tempat ke tempat lain, dan Pemerintah telah melakukan itu dengan baik.

“Dengan infrastruktur yang dibangun secara masif tentu saja memudahkan distribusi hasil usaha masyarakat daerah untuk dikirim ke kota ataupun sebaliknya,” ujarnya.

Dijelaskan pegiat UMKM ini, meningkatnya distribusi usaha rakyat sangat berdampak pada peningkatan ekonomi dan juga membuka lapangan kerja.

“Misalnya hasil panen petani ataupun hasil tangkapan nelayan bisa dipasarkan dengan mudah dan murah, begitu pula produk UMKM lebih mudah dipasarkan dengan adaya kemudahan transportasi,” jelasnya.

Selain itu, juga berpeluang terciptanya lapangan kerja baru, serta menurunkan tingkat kemiskinan dan pendapatan perkapita semakin meningkat.

Lebih jauh Hermawati, para petani, nelayan dan pengrajin di pedesaan sangat terbantu dengan kehadiran infrastruktur yang merata, hingga hasil panen, hasil tangkap dan kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat desa ikut dinikmati oleh masyarakat kota.

“Keadilan ekonomi bagaimana hari ini semua hasil-hasil UMKM di pelosok daerah bisa untuk dinikmati masyarakat kota dan sebaliknya, dengan adanya pembangunan pada infrastruktur di era pemerintahan presiden jokowi,” ungkapnya.

Karenanya, dengan kehadiran infrastruktur yang merata dan masif di era Pemerintahan Jokowi ini dipastikan dapat memangkas biaya dan waktu distribusi para pelaku usaha di daerah, dan pastinya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku usaha rakyat.

“Sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat indonesia, khususnya UMKM,” pungkasnya.

Sumber: jawapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *