Akumandiri Jalin Kerjasama dengan UPN “Veteran” Yogyakarta

UPN-Yogyakarta

JAKARTA – Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumandiri) terus melakukan pengembangan-pengembangan dibidang UMKM. Terutama dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia.

Senin, (10/8), Akumandiri melakukan inisiasi kerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Dalam kerjasama tersebut ada dua hal yang menjadi titik fokus kerjasama. Yaitu, dalam sektor pembinaan dan pelatihan di Yogyakarta. Dalam kerjasama itu, akan dibantu oleh para pelaku UMKM melalui asosiasi yang sudah terbentuk.

“Sekali lagi bahwa asosiasi dari para pengusaha-pengusaha baik mikro, kecil dan menengah semoga antara dunia pendidikan dan pelaku menjadi satu untuk melakukan pembinaan UMKM baik yang memulai menjadi usaha kecil dan menengah,” kata Ketua Umum DPP Akumandiri Hermawati Setyorinni usai melakukan penandatanganan inisiasi kerjasama antara Akumandiri dan UPN “Veteran” Yogyakarta, di kantor Akumandiri, Jakarta Selatan.

Selain itu, lanjut Rinni, tujuan lain kerjasama ini juga adalah memberikan perhatian terhadap para pelaku usaha yang telah berkembang, melakukan penyelamatan terhadap UMKM yang kurang beruntung serta UMKM yang telah menjadi pengusaha yang besar.

“Mudah-mudahan dari program UPN ada inkubator bisnis, juga bisa membuat bisnis-bisnis baru khususnya potensi-potensi yang ada di Yogyakarta atau Jawa Tengah pada umumnya,” tambahnya.

Disisi lain, potensi-potensi bisnis diharapkan bisa memberikan sumbangsih dan kontribusi kepada Negara dalam mempertahankan ekonomi sesuai dengan tujuan atau visi dari asosiasi UMKM yaitu menjadi variable signifikan dalam rangka meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Sedangkan Misinya dari asosiasi ini yaitu penataan hubungan antara UMKM dan pengguna UMKM, UMKM dengan dunia pendidikan, UMKM dengan regulasi atau pemerintah ataupun dengan pengusaha-pengusaha bisa tetap terjalin khususnya di Jawa Tengah.

Dengan demikian, pihaknya berharap dengan terciptanya inisiasi kerjasama tersebut, semoga menjadi padu dan sinergi yang luar biasa dalam rangka turut serta ikut mempertahankan dan meningkatkan perekonomian di Indonesia terutama di daerah Jawa Tengah.

Sementara itu, Dekan Unversitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Muafi mengungkapkan inisiasi kerjasama yang dilakukan tidak terlepas dari tugas pokok UPN “Veteran” sendiri. Terutama kerjasama dalam kaitan tentang penelitian pengembangan pelatihan dalam bidang pendidikan. “Intinya disini kami sangat mensuport kerjasama antara kami dengan Akumandiri. Terutama dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan kegiatan lain yang menunjang antara kami dan Akumandiri,” ujarnya.

Adapun implementasi yang diharapkan dari inisiasi tersebut adalah kerjasama kedua belah pihak terkait dengan penelitian, pengembangan, pembinaan, pelatihan dan lainnya yang berkaitan dengan UMKM di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta akan dimulai melalui MoU antara Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta dan Ketum DPP Akumandiri yang dilaksanakan bertepatan dengan Seminar Nasional di Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta pada, Rabu (7/10/2015).

Implementasi lainnya yaitu pembuatan inkubator bisnis dan teknologi di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta, khususnya Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian dengan Akumandiri sebagai pembinanya. Juga pendidikan dan pelatihan lain yang mendukung.  (hrm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *