Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Akumandiri laksanakan Akad Kredit dengan Bank Artha Graha

Surabaya – Bank Artha Graha mendukung kegiatan Akumandiri sebagai Bapak Angkat Fasilitas Permodalan KUR Mikro dari Bank Artha Graha International. Sebagai tindak lanjut kerjasama tersebut, baru-baru ini telah dilaksanakan Akad Kredit di Kantor PT. Bank Artha Graha International, Tbk Cabang Surabaya, Jl Karet Surabaya, pada 15 Mei 2017.

Dalam Akad Kredit tersebut, Hadir UMKM Anggota Akumandiri Kabupaten Malang dalam Pengikatan yang didampingi langsung oleh Hermawati Setyorinny, selaku Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri.

Benefit sebagai anggota Akumandiri salah satunya adalah Fasilitas Permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk usaha mikro ini mencapai Rp 25 juta dengan bunga KUR sebesar 9% tanpa agunan.

Untuk diketahui Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri memiliki Kerjasama dengan PT Bank Artha Graha International, Tbk dalam pemberian kredit bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) .

“Kerjasama penyaluran kredit usaha rakyat untuk mikro kecil menengah ini diperuntukan bagi IUMKM anggota AKUMANDIRI di seluruh wilayah Indonesia. Di mana ada perwakilan atau pengurus di wilayah provinsi, kabupaten dan Kota di Indonesia bisa mengajukan dana ini,” ujar Hermawati Setyorinny usai penandatanganan itu.
Wanita yang akrab disapa Rinny ini selanjutnya mengucapkan selamat untuk anggota Akumandiri yang sudah mendapatkan bantuan Program Pemerintah melalui Fasilitas Akumandiri. Ia meminta agar dana tersebut benar benar dipakai untuk usaha, sehingga kesejahteraan ekonomi semakin baik untuk keluarga dan masyarakat sekitarnya.

“Wajib bayar tepat waktu ya, jangan sampai telat. Karena nilai diri kita bisa diukur dari ketepatan waktu dan ketepatan janji,” tandasnya.

Kepada Pengurus DPD Akumandiri Malang, Rinny juga menegaskan agar bersama sama memantau, membina dan mendampingi anggota sampai pinjaman lunas. “Kalau membantu ya jangan UMKM disuapin tapi ajarkan mereka tanggung jawab pada dirinya, kewajibannya dan hasil usahanya atau produknya,” pungkas wanita asal Semarang tersebut.

Pengurus DPD AKUMANDIRI Kabupaten Malang yang hadir mendampingi antara lain Dodit Irianto, Sukarsono, Chandra Mahmud Wijaya, dan Suwito

“Ini untuk start awal dari puluhan UMKM Anggota Akumandiri Kabupaten Malang, selanjutnya bertahap yang sudah lolos BIC dan lengkap dokumen. Akad kredit ini disambut antusias oleh UMKM di bawah binaan dan pendampingan Akumandiri Kabupaten Malang,” tambah Dodit Irianto

Dalam kesempatan tersebut, dari Bank Artha Graha International Cabang Surabaya Executive Officer MSE, Selvy Hutomo. menyampaikan bahwa Bank Artha Graha International sangat mendukung dan men-support kegiatan Akumandiri sebagai bentuk Pengentasan UMKM yang lebih baik.

“Kami sebagai kepanjangan tangan Pemerintah dalam menopang Pengusaha Mikro Kecil dalam peningkatan ekonomi daerah. Ini juga sesuai dengan pilar ke-4 Artha Graha Peduli yaitu Pemberdayaan Masyarakat, dimana bisa diartikan Bank Artha Graha peduli untuk menambah lapangan pekerjaan dan peningkatan keahlian dan ketrampilan pengusaha mikro kecil dalam rangka peneingkatan kesejahteraan umkm sehingga ekonomi daerah juga meningkat,” kata Selvy Hutomo.

Dalam acara itu, dari Yuriani, Staff Senior MSE Jawa Timur bertindak sebagai PIC. Diharapkan kerjasama ini semakin mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, di mana UMKM menjadi pilar utamanya.

6 thoughts on “Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Akumandiri laksanakan Akad Kredit dengan Bank Artha Graha

  • 19/10/2017 at 3:24 pm
    Permalink

    Ibu rinny yth,di daerah sy ada pelaku2 usaha dari berbagai bidang:dari pedagang,pengusaha kecil,perajin.mereka sangat membutuhkan modal untuk pengembangan usaha,namun mereka kesulitan untuk mencari sumbernya krn terbentur jaminan.
    Kebetulan saya punya kenalan yang katanya bisa mengurus kredit KUR di IUMKM AKUMANDIRI,persyaratan dah masuk semua dari bulan2 kkemarin,uang iuran pun sudah masuk,tapi sampai sekarang tidak ada kabar baik bagi kami.
    Karena itu saya minta tolong penjelasan mengenai mekanisme kredit KUR.
    Dan saya ingin membantu para pelaku UKM yg ada di sekitar saya.saya petnah mempertanyakan aliran dana BUMDES ke kepala desa,tunuannya untuk pengembangan usaha teman2,tapi bukan kabar baik yang kami terima,
    Karena itu sy minta tolong,BANTU KAMI UNTUK MENGEMBANG KAN USAHA,Trimakasih.
    Suripno-cirebon -081324275274
    W.A-087776779590

    Reply
    • 07/12/2017 at 4:51 am
      Permalink

      Salam sejahtera,
      Untuk Cirebon Nama AKUMANDIRI yang ada dan telah merekrut keanggotaan adalah bukan kita, mereka menggunakan AKUMANDIRI tanpa ijin. Terlebih yang melalui Koperasi/ WIWIT
      Jadi mohon maaf, silahkan diselesaikan kepada ybs
      Terima Kasih

      Reply
  • 27/11/2017 at 7:09 am
    Permalink

    Bogor siap mengabdikankan untuk kesejahteraan warga ku mohon dibantu. Dan support .

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *